Christilia Supit and Allen Manongko and Iwan Kandori (2021) Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-15. ISSN 2774-9185
Jurnal_Christilia Supit_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (280kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan cara mengajar guru terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 46 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap. Prestasi Belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 86% dengan jumlah thitung> ttabel = 16,7108 > 2,01537. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 40% dengan jumlah thitung > ttabel = 5,4332 > 2,01537. Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado sebesar 87% dengan jumlah fhitung 103,376 > ftabel = > 3,214.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic achievement, Learning motivation, Social conditions, Economic conditions |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Putu Indra Widiartha |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:30 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19428 |