Pengaruh model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung

Anggraeni Kindangen and Joubert Dame and Edwin Wantah (2021) Pengaruh model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-13. ISSN 2774-9185

[thumbnail of Jurnal_Anggraeni Kindangen_Universitas Negeri Manado_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Anggraeni Kindangen_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui besar atau kecilnya pengaruh model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 77 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitan ini pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hasil uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis dalam penelitan adalah analisis regresi berganda,analisis regresi sederharana, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran langsung terhadap minat siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung dengan thitung = 9,31 > ttabel = 1,66. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran e learning terhadap minat belajar siswa peminatan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung dengan nilai thitung = 9,11 > ttabel = 1,66. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung Fhitung = 16,93 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan 5% nilai R square sebesar 0,3136 atau 31,36 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning models (stochastic processes), Electronic learning, Interest (learning), Vocational schools
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:09
Last Modified: 21 Jul 2023 08:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item
View Item