Implementasi kebijakan pengelolaan dana desa: Zaltman’s Metaphor Elicitation Technique (studi empirik di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia)

Saiful, Anwar (2020) Implementasi kebijakan pengelolaan dana desa: Zaltman’s Metaphor Elicitation Technique (studi empirik di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia). JAE (Jurnal Akuntansi dan Ekonomi), 5 (1): 11. pp. 99-106. ISSN 2721-9313

[thumbnail of Jurnal_Saiful Anwar_IAIN Salatiga_2020-11.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Saiful Anwar_IAIN Salatiga_2020-11.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk menginvestigasi kesesuaian kebijakan pengelolaan dana desa dengan regulasi di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Zaltman’s Metaphor Elicitation Technique (ZMAT). Data yang digunakan yaitu 2 tahun fiskal 2017-2018 pada 5 desa di Kabupaten Semarang. Pemilihan desa menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pertumbuhan ekonomi desa. Berdasarkan concensus map dan higher order contruct pengelolaan dana desa yang bersumber dari APBN masih inkonsisten dengan regulasi. Perencanaan RKPDes dan APBDes masih jauh dari timeline yang diberikan oleh regulasi. Proses pencairan tahap pertama tidak sesuai dengan regulasi karena adanya SiLPA. Informasi laporan keuangan yang disediakan belum dapat diandalkan karena terdapat perbedaan antara pencairan dan realisasi. Namun pemerintah desa tetap berupaya menjaga akuntabilitas dengan melakukan disclosure laporan keuangan pemerintah desa. Metode ZMAT yang melibatkan lima desa dengan 25 informan dan menginvetigasi implementasi kebijakan dengan regulasi menjadi kebaruan penelitian ini. Temuan ini dapat dijadikan sebagai alat evaluasi regulasi oleh pemangku kepentingan di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dana desa, APBN, ZMAT
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments
Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development
Urban & Regional Technology & Development > Regional Administration & Planning
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:51
Last Modified: 13 Jul 2023 06:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item
View Item