Pengukuran transmisi atmosferik berdasarkan pengamatan spektroskopik di Observatorium Bosscha

Evaria, Puspitaningrum and Lucky, Puspitarini and Hakim, L. Malasan and M. Ikbal, Arifyanto and Aprilia, Aprilia (2017) Pengukuran transmisi atmosferik berdasarkan pengamatan spektroskopik di Observatorium Bosscha. In: "Seminar Nasional Antariksa 2017" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, 22 November 2017, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Evaria_LAPAN_2018.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Evaria_LAPAN_2018.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengamatan spektroskopis objek langit yang dilakukan di landas Bumi tidak hanya memberikan fitur-fitur intrinsik dari objek tersebut, tetapi juga fitur-fitur absorpsi akibat molekul- molekul di atmosfer Bumi. Fitur absorpsi tersebut disebut garis-garis telurik dan dapat diamati pada rentang panjang gelombang visual dan inframerah. Absorpsi atmosfer telurik biasanya dihilangkan dalam proses reduksi spektrum bintang. Salah satu metode reduksinya adalah menggunakan model transmisi atmosferik. Pengamatan spektroskopik resolusi rendah (R 300 1000) dari -40 bintang dengan menggunakan C8NEO R-1000 dan kamera CCD ST-8XME aktif dilakukan di Observatorium Bosscha sejak tahun 2015. Spektrum yang didapatkan berada pada rentang panjang gelombang 4000 - 8000 Angstrom sehingga akan ditemukan pula garis-garis telurik. Pada pekerjaan ini akan dilakukan fitting garis-garis telurik pada data pengamatan spektroskopi di Observatorium Bosscha dengan model transmisi atmosferik untuk mengetahui kuat serapan oleh molekul-molekul atmosfer, pada khususnya H₂O dan O. Hasil pengukuran kuat garis serapan ini merupakan indikator yang berguna untuk dinamika atmosfer terhadap waku dan dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi penelitian sains atmosfer.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Methode observation, Technique spectroscopy, Star Be, Observatories, Spectroscopy
Subjects: Astronomy & Astrophysics
Atmospheric Sciences
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:33
Last Modified: 05 Sep 2023 07:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19266

Actions (login required)

View Item
View Item