Respons ionosfer di atas Bandung dan Pontianak terhadap peristiwa lontaran massa korona pada puncak siklus matahari ke-24

Newton, Jefons and Dhani, Herdiwijaya and Jiyo, Jiyo (2018) Respons ionosfer di atas Bandung dan Pontianak terhadap peristiwa lontaran massa korona pada puncak siklus matahari ke-24. In: "Seminar Nasional Sains Antariksa 2017" Sains Antariksa Untuk Indonesia Maju dan Mandiri, 22 November 2017, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Newton_LAPAN_2018.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Newton_LAPAN_2018.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Matahari merupakan sumber utama penggerak dinamika dan cuaca antariksa. Aktivitas Matahari berperan penting menjaga keadaan di lingkungan Tata Surya. Beberapa aktivitas Matahari adalah seperti adanya bintik Matahari, peristiwa flare, lubang korona, dan lontaran massa korona (LMK). Aktivitas ini saling berkaitan satu dengan yang lain, dan sering kali dapat terjadi secara bersama-sama. LMK merupakan aktivitas Matahari yang menyebabkan adanya massa yang keluar dari korona dan menuju ke ruang antarplanet. Tidak hanya itu, LMK bahkan dapat mengganggu hingga ke lingkungan Bumi. Salah satu gangguan yang disebabkan oleh LMK adalah anomali pada lapisan F2 ionosfer Bumi. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis mengenai respons ionosfer terhadap peristiwa LMK selama puncak siklus Matahari ke-24 (2012-2015) dan diperoleh 35 LMK yang berpotensi menyebabkan anomaly. Selanjutnya diperoleh waktu tunda peristiwa LMK selama 35,9 jam untuk daerah dekat ekuator geomagnet Bumi (Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pontianak) dan 27,12 jam untuk daerah lintang yang lebih tinggi (Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang). Didapati bahwa daerah di atas Sumedang lebih responsif dibandingkan daerah di atas Pontianak ditandai dengan adanya penurunan nilai foF2 yang signifikan di atas Sumedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Solar activity, CME, Ionosphere, Responses, Solar energy, Solar corona
Subjects: Astronomy & Astrophysics
Atmospheric Sciences
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 06 Sep 2023 12:55
Last Modified: 06 Sep 2023 12:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item
View Item