Respon pembelajaran kolaboratif dengan aplikasi online

Dwi Sulisworo and Dian, Dian Artha Kusumaningtyas (2022) Respon pembelajaran kolaboratif dengan aplikasi online. Bincang Sains dan Teknologi, 1 (1): 2. pp. 12-17. ISSN 2961-8932

[thumbnail of Jurnal_Dwi Sulisworo_Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dwi Sulisworo_Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan respon peserta pelatihan ketika mengalami pembelajaran kolaboratif menggunakan aplikasi Canva. Dengan mengalami pembelajaran ini, peserta akan dapat menerapkan strategi sejenis ketika menjadi pengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan dengan penjelasan secara kualitatif. Peserta berjulah 30 dosen muda. Aktivitas utama yang dilakukan peserta mencakup perancangan pembelajaran kolaboratif, pengembangan media pembelajaran kolaboratif, dan sharing pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua kelompok telah menggunakan berbagai macam jenis media secara kreatif. Pada umumnya peserta menyatakan bahwa hasil ini dapat tercapai karena kemudahan aplikasi dan ketersediaan berbagai elemen untuk membuat media yang kreatif sesuai keinginan pengguna. Namun demikian, dari produk yang dihasilkan, belum semua fasilitas yang ada pada aplikasi telah digunakan. Keterbatasan waktu mencoba menjadi sebab tidak semua fitur dapat dieksplorasi dengan baik. Peserta merasa optimis untuk dapat menggunakan aplikasi ini dalam mendorong pembelajaran kolaboratif yang lebih interaktif secara online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kolaboratif, Online, Media pembelajaran, Pelatihan pendidik
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:07
Last Modified: 11 Jul 2023 08:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item
View Item