Pengembangan LKPD berbasis cerita bergambar digital pada siswa kelas IV SD

Delora Jantung, Amelia and Abdurrohman, Muzakki (2021) Pengembangan LKPD berbasis cerita bergambar digital pada siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 15. pp. 216-232. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Delora Jantung Amelia_Universitas Muhammadiyah Malang_2021-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Delora Jantung Amelia_Universitas Muhammadiyah Malang_2021-15.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang peneliti laksanakan di SDN Gadingkulon II, peneliti memperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan terhadap pemahaman materi selama masa pandemi, siswa juga kurang antusias melaksanakan pembelajaran secara daring, siswa terlambat mengumpulkan dan mengerjakan tugas. Hal tersebut dikarenakan pemberian materi yang diberikan berupa dokumen dalam bentuk bentuk pdf, doc serta Power Point. Soal yang diberikan melalui platform googleform. Degan adanya problematika tersebut membuat kegiatan pembelajaran selama masa pandemic tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karenanya problematika yang ada di lapangan harus segera diatasi. Dari probelmatika diatas dapat diatasi dengan mengembangkan LPDD berbasis cerita bergambar digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis cerita bergambar yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar yang digunakan dimasa pandemic covid 19 yang layak, praktis dan efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, wawancara, angket dan dokumnetasi. Hasil akhir dari peneltian menunjukkan bahwa hasil Validasi sudah bisa dikatakan layak dimana hasil validasi dari ahli materi mendapatkan tingkat kevalidan 85,5% dari hasil tersebut sudah masuk ke dalam jenis valid ataupun layak.sedangkan validasi dari ahli bahan ajar memperoleh tingkat kevalidan 94,2% yang mana dari hasil tersebut pula bisa dikatakan valid ataupun layak untuk diuji cobakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Cerita bergambar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:43
Last Modified: 10 Jul 2023 08:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19122

Actions (login required)

View Item
View Item