Penggunaan permainan puzzle carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa di sekolah dasar

Windri, Maryana and Laili, Rahmawati and Krisma Anugra, Malaya (2021) Penggunaan permainan puzzle carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 12. pp. 173-186. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Windri Maryana_Universitas Muhammadiyah Surakarta_2021-12.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Windri Maryana_Universitas Muhammadiyah Surakarta_2021-12.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu pelajaran yang dirasa cukup sulit untuk siswa Sekolah Dasar. Cara mengajar guru yang masih konvensional menjadi salah satu faktor penyebabnya. Penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan permainan edukasi merupakan salah satu solusi untuk guru dalam mengajar. Puzzle carakan merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat digunakan untuk merangsang otak anak. Bermain sambil belajar akan membuat anak lebih tertarik sehingga anak tidak akan merasa cepat bosan.Tujuan daripenelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui mekanisme penggunaan media Puzzle Carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa.(b) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media Puzzle Carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menganalisis jawaban siswa, serta perbandingan hasil belajar siswa sebelum belajar menggunakan Puzzle Carakan dan sesudah menggunakan Puzzle Carakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Carakan, Aksara Jawa, Sekolah
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item
View Item