Windri, Maryana and Laili, Rahmawati and Krisma Anugra, Malaya (2021) Penggunaan permainan puzzle carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 12. pp. 173-186. ISSN 2460-6324
Jurnal_Windri Maryana_Universitas Muhammadiyah Surakarta_2021-12.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Aksara Jawa merupakan salah satu pelajaran yang dirasa cukup sulit untuk siswa Sekolah Dasar. Cara mengajar guru yang masih konvensional menjadi salah satu faktor penyebabnya. Penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan permainan edukasi merupakan salah satu solusi untuk guru dalam mengajar. Puzzle carakan merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat digunakan untuk merangsang otak anak. Bermain sambil belajar akan membuat anak lebih tertarik sehingga anak tidak akan merasa cepat bosan.Tujuan daripenelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui mekanisme penggunaan media Puzzle Carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa.(b) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media Puzzle Carakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menganalisis jawaban siswa, serta perbandingan hasil belajar siswa sebelum belajar menggunakan Puzzle Carakan dan sesudah menggunakan Puzzle Carakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Puzzle, Carakan, Aksara Jawa, Sekolah |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19119 |