Pengaruh dinamika atmosfer pada transportasi ozon di lapisan stratosfer

L. Sarinah P. (1992) Pengaruh dinamika atmosfer pada transportasi ozon di lapisan stratosfer. Jurnal Sains Dirgantara, 1 (2): 6. pp. 65-73.

[thumbnail of Jurnal_L. Sarinah_LAPAN_1992.pdf]
Preview
Text
Jurnal_L. Sarinah_LAPAN_1992.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ozon diproduksi di lapisan stratosfer atas di daerah lintang antara 30°U - 30°S. Sebagian dari ozon tersebut diangkut ke daerah lintang yang lebih tinggi oleh gelombang atmosfer. Salah satu cara pengangkutan ozon dapat ditunjukkan secara teoritis yaitu dengan teori Generalized Lagrangian Mean (GLM). Arti fisis teori ini adalah perpindahan pusat massa rata-rata yang terdapat dalam sebuah tabung fluida. Gerakan dalam tabung merupakan gelombang Eddy.Teori GLM diturunkan dari persamaan transportasi massa rata-rata Euler linier dikombinasikan dengan persamaan aliran Eddy di lapisan stratosfer. Perumusan menunjukkan bahwa persamaan transportasi GLM tersebut mengandung unsur kecepatan gelombang atmosfer, berarti pengangkutan ozon di lapisan stratosfer atas dipengaruhi oleh dinamika atmosfer yaitu sirkulasi meridional (utara selatan). Proses transportasi ozon di lapisan stratosfer atas tidak dapat langsung diamati. Dalam penelitian menggunakan model-model teori gelombang antara lain GLM teori dihubungkan dengan sirkulasi meridional untuk menghitung ozon yang diangkut. Dalam tulisan ini ditunjukkan hasil pengamatan ozon total maupun ozon vertikal dari lintang rendah sampai ke lintang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ozone, Stratosphere, Atmosphere
Subjects: Atmospheric Sciences
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:15
Last Modified: 30 Jul 2023 08:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19107

Actions (login required)

View Item
View Item