Perceived benefit, perceived barrier dan dukungan sosial terhadap perawatan diri pasien setelah operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG)

Mulida, Arifiati and Sri, Yona and Tuti, Herawati (2022) Perceived benefit, perceived barrier dan dukungan sosial terhadap perawatan diri pasien setelah operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG). Holistik: Jurnal Kesehatan, 16 (4): 4. pp. 316-325. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Mulida Arifiati_Universitas Indonesia_2022-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mulida Arifiati_Universitas Indonesia_2022-4.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: operasi CABG merupakan salah satu penanganan bedah pada PJK dan meningkatkan kualitas pasien kehidupan baik. Namun pasien yang telah menjalani CABG tetap berisiko untuk kejadian iskemik. Pencegahan sekunder kardiovaskular memainkan peran penting untuk mempertahankan jangka panjang patensi cangkok, memperlambat proses aterosklerotik. Perubahan perilaku dipengaruhi oleh keyakinan seseorang untuk berubah dan dukungan disekitarnya. Keyakinan yang dianggap berpengaruh terhadap pola perubahan perilaku adalah perceived benefit dan perceived barrier. Tujuan: untuk mengetahui hubungan perceived benefit, perceived barrier dan dukungan sosial terhadap perawatan diri pasien setelah operasi CABG. Metode: desain cross-secrtional, dengan jumlah sampel 75 responden, kriteria inklusi: pasien operasi CABG lebih dari 6 bulan, Usia lebih dari 30 tahun.Hasil: dari analisis terdapat empat hubungan yang bermakna terhadap perawatan diri, didapatkan pendidikan nilai p 0,015, perceived benefit nilai p 0,001, perceived barrier dengan nilai p 0,004 , dan dukungan social nilai p 0,000. Yang tidak bermakna yaitu usia nilai p 0.631dan pengetahuan nilai p 0.418 Jenis kelamin nilai p 0,357. Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna anatara perceived benefit, perceibved barrier, dan dukungan social terhadap perawatan diri pasien setelah operasi CABG.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perceived benefit, Perceived barrier, Dukungan sosial, Perawatan diri, CABG
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Needs & Demands
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:04
Last Modified: 10 Jul 2023 07:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item
View Item