Peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media video dan booklet pada klien yang menjalani kemoterapi

Fitri Yanti and Dina Dwi Nuryani and Dhiny Easter Yanti (2022) Peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media video dan booklet pada klien yang menjalani kemoterapi. Holistik: Jurnal Kesehatan, 16 (3): 2. pp. 204-214. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Fitri Yanti_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2022-2.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Fitri Yanti_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2022-2.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Peran tenaga kesehatan dalam membantu mencegah dan mengatasi masalah pasien kanker dengan memberikan perhatian, motivasi, dukungan dan konseling dengan cara memberikan pengarahan, penyuluhan, pendidikan kesehatan atau edukasi serta memberikan alternatif pemecahan masalah sebagai bagian dari keperawatan terpadu pasien kanker. Pemberian pengetahuan dan pemahaman pasien yang menjalani kemoterapi dapat disampaikan melalui visual media seperti booklet atau media audiovisual seperti animasi video. Tujuan: untuk mengetahui efektivitas media video dan media booklet dalam meningkatkan pengetahuan pada klien kemoterapi. Metode: penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen eksperimen dengan one group pre test-posttest design. Populasi penelitian ini adalah klien kemoterapi kanker dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden yaitu 25 sampel kelompok I yang diberikan edukasi menggunakan media video dan 25 sampel lainya kelompok IIyang dilakukan edukasi menggunakan media booklet, diambil dengan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk memperoleh mean, median dan standar deviasi dan analisis bivariat menggunakan uji t berpasangan atau uji Wilxocon sebagai uji alternatif. Hasil: berdasarkan hasil pada kedua kelompok sebelum dan setelah dilakukan edukasi terdapat perubahan. Yaitu peningkatan sebanyak 19.28 pada kelompok I dan peningkatan 18.2 pada kelompok II. Hasil sebelum edukasi pada kelompok I (44.28±11.480) dan kelompok II (42.44±11.439) sedangkan hasil setelah dilakukan edukasi tampak pada kelompok I (63.56±11.218) dan kelompok II (60.64±11.083), terlihat peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Hasil analisa data bivariat menggunakan uji wilcoxon didapat nilai signifikan tingkat pengetahuan p-value 0,000 < 0,05. Simpulan: terdapat pengaruh sebelum dan sesudah edukasi terhadap pengetahuan partisipan. Jadi dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh sebelum dan sesudah edukasi. Saran: pihak Rumah Sakit perlu meningkatkan kompetensi petugas kesehatan dan menetapkan SOP layanan dengan menyediakan waktu khusus untuk kebutuhan klien kemoterapi kanker serta mempertimbangkan penggunaan video dan booklet sebagai sarana edukasi bagi klien kemoterapi kanker.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Program edukasi, Audio-visual, Booklet, Pengetahuan, Pasien, Kemoterapi
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:47
Last Modified: 10 Jul 2023 05:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19064

Actions (login required)

View Item
View Item