Efektifitas pendidikan kebencanaan terkait kesiapsiagaan penduduk di daerah rawan gempa: studi literatur

Iwan, Shalahuddin and Indra, Maulana and Sandra, Pebrianti and Theresia, Eriyani (2022) Efektifitas pendidikan kebencanaan terkait kesiapsiagaan penduduk di daerah rawan gempa: studi literatur. Holistik: Jurnal Kesehatan, 16 (2): 4. pp. 128-141. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Iwan Shalahuddin_Universitas Padjadjaran_2022-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Iwan Shalahuddin_Universitas Padjadjaran_2022-4.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: kurangnya pengetahuan masyarakat menjadi penyebab banyaknya korban Ketika ada bencana yang melanda beberapa wilayah khususnya di Indonesia sendiri dan kurang mengathui tentang manajemen bencana dan kurangnya kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana tersebut sehingga korban jiwa paling banyak anak-anak dan masyarakatnya. Tujuan: mendapatkan gambaran umum mengenai efektifitas pendidikan kebencanaan tentang kesiapsiagaan penduduk di daerah rawan gempa. Metode: metode yang digunakan dalam penulisan literature review ini adalah narrative review. Pencarian data menggunakan sumber data elektronik yaitu Google Scholar, PubMed dan Ebsco, kemudian ditemukan dari pencarian itu ada 7 jurnal. Hasil: pengaruh pendidikan kebencanaan gempa bumi terkait kesiapsiagaan penduduk di daerah rawan gempa, untuk mempersiapkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana khususnya pada Wanita bisa dilakukan dengan Pendidikan Health Belief Model (HBM). Simpulan: kelompok rentan dengan bencana khususnya gempa bumi sendiri untuk mempersiapkan kesiapsiagaan pada anak sekolah yang bisa dilihat dari usia dan pendidikannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bencana, Pendidikan kebencanaan, Gempa bumi; Penduduk rawan gempa
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:32
Last Modified: 10 Jul 2023 02:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item
View Item