Dalfian and Nova Muhani and Nurul Afiah and Nur Azizah and M. Ilham Rivaldi and Dandy Adji Pangestu and Listya Dini (2022) Persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dalam penerapan patient safety. Holistik: Jurnal Kesehatan, 16 (2): 3. pp. 118-127. ISSN 1978-3337
Jurnal_Dalfian_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2022-3.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
Abstract
Pendahuluan: keselamatan pasien adalah kerangka kerja kegiatan terorganisir yang menciptakan budaya, proses, prosedur, perilaku, teknologi dan lingkungan dalam pelayanan kesehatan yang secara konsisten dan berkelanjutan menurunkan risiko, mengurangi terjadinya bahaya yang dapat dihindari, membuat kesalahan lebih kecil kemungkinannya dan mengurangi dampaknya ketika itu terjadi. Tujuan: untuk mengetahui persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan dalam penerapan Patient Safety di RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Metode: kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian berupa survei analitik dengan pendekatan cross sectional. populasi dan sampel pada penelitian ini pasien-pasien yang dirawat di unit rawat inap pada Rumah Sakit. Hasil: penerapan keselamatan pasien secara keseluruhan sebanyak 58,6% responden merasakan sudah baik dan 41,4% yang merasakan tidak baik. Peringkat penerapan keselamatan pasien sudah baik pada unit pelayanan berurutan dari tertinggi adalah pelayanan famasi (67,6%), pelayanan pengobatan (61,0%), pelayanan gizi (59,0%),pelayanan laboratorium (58,0%), dan pelayanan radiologi (57,1%). Mutu pelayanan pasien secara keseluruhan, sebanyak 66,2% responden merasakan mutu layanan sudah baik dan 33,8% yang merasakan tidak baik. Peringkat mutu pelayanan sudah baik pada unit pelayanan berdasarkan persepsi pasien secara berurutan dari tertinggi adalah pelayanan pengobatan (80,0%), pelayanan gizi (69,5%), pelayanan farmasi (68,2%),pelayanan laboratorium (58,0%), dan pelayanan radiologi (53,3%). Simpulan: ada hubungan yang signifikan antara penerapan keamanan pasien terhadap mutu pelayanan obat, pelayanan instalasi farmasi, pelayanan gizi, pelayanan laboratorium dan pelayanan radiologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pasien, Kualitas pelayanan, Patient safety |
Subjects: | Health Resources > Environmental & Occupational Factors Health Resources > Health Services |
Depositing User: | - Elfrida Meryance Saragih |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:16 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19025 |