Dena Widyawan (2020) Inklusi dalam pendidikan jasmani: perspektif siswa penyandang disabilitas. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (3): 15. pp. 746-762. ISSN 2548 – 7833
Jurnal_Dena Widyawan_STKIP Situs Banten_2020-15.pdf
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tetang pendidikan inklusi dalam pendidikan jasmani dari sudut pandang penyandang disabilitas serta faktor-faktor yang menghambat dan memfasilitasi pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel penelitian adalah anak penyandang disabilitas yang bersekolah di lima kota/kabupaten dari tujuh sekolah di provinsi
Banten. Sampel berjumlah 20 orang (13 laki-laki, 7 perempuan). Instrumen yang digunakan penulis merancang berdasarkan literatur sebelumnya. Data wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis konten. Dalam kegiatan pendidikan jasmani mayoritas hasil wawancara siswa penyandang disabilitas kurang berpartisipasi dan memiliki pandangan negatif dalam pendidikan inklusi. Teori yang digunakan didalam penelitian ini model disabilitas relasional sosial. Temuan mengungkapkan bahwa yang menghambat dan memfasilitasi dalam pendidikan inklusi: faktor pribadi, konteks fisik, dan konteks sosial. Kesimpulan dari penelitian ini untuk menghilangkan hambatan perlu adanya intervensi, dukungan finansial, serta harus diadakannya program yang disesuaikan dengan melibatkan sekolah dan yang mempunyai kebijakan dalam hal ini pemerintah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan jasmani, inklusi, persepsi, penyandang disabilitas. |
Subjects: | Health Resources |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 05:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 05:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18982 |