Inklusi dalam pendidikan jasmani: perspektif siswa penyandang disabilitas

Dena Widyawan (2020) Inklusi dalam pendidikan jasmani: perspektif siswa penyandang disabilitas. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (3): 15. pp. 746-762. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Dena Widyawan_STKIP Situs Banten_2020-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dena Widyawan_STKIP Situs Banten_2020-15.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tetang pendidikan inklusi dalam pendidikan jasmani dari sudut pandang penyandang disabilitas serta faktor-faktor yang menghambat dan memfasilitasi pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel penelitian adalah anak penyandang disabilitas yang bersekolah di lima kota/kabupaten dari tujuh sekolah di provinsi
Banten. Sampel berjumlah 20 orang (13 laki-laki, 7 perempuan). Instrumen yang digunakan penulis merancang berdasarkan literatur sebelumnya. Data wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis konten. Dalam kegiatan pendidikan jasmani mayoritas hasil wawancara siswa penyandang disabilitas kurang berpartisipasi dan memiliki pandangan negatif dalam pendidikan inklusi. Teori yang digunakan didalam penelitian ini model disabilitas relasional sosial. Temuan mengungkapkan bahwa yang menghambat dan memfasilitasi dalam pendidikan inklusi: faktor pribadi, konteks fisik, dan konteks sosial. Kesimpulan dari penelitian ini untuk menghilangkan hambatan perlu adanya intervensi, dukungan finansial, serta harus diadakannya program yang disesuaikan dengan melibatkan sekolah dan yang mempunyai kebijakan dalam hal ini pemerintah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, inklusi, persepsi, penyandang disabilitas.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:54
Last Modified: 17 Jul 2023 05:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

View Item
View Item