Mengembangkan keterampilan motorik kasar pada Siswa Taman Kanak-Kanak melalui permainan modifikasi

Palmizal Abu Hanifah and Alek Oktadinata (2020) Mengembangkan keterampilan motorik kasar pada Siswa Taman Kanak-Kanak melalui permainan modifikasi. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (3): 3. pp. 575-587. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Palmizal Abu Hanifah_Universitas Jambi_2020-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Palmizal Abu Hanifah_Universitas Jambi_2020-3.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian permainan yang telah dimodifikasi dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini ialah siswa Taman Kanak-Kanak Bintang Kelurahan Payo Kota Jambi yang berjumlah 56 siswa. Data di peroleh melalui lembar observasi Test Gross Motor Development 2 (TGMD-2) dari Ulrich. Analisa data menggunakan uji t. Indikator motorik kasar yang berkembang dalam penelitian ini berupa: 1) keseimbangan (balance), 2) membedakan dari hal yang sederhana ke rumit (differentiation), 3) berorientasi (orientation), 4) aktivitas fisik (physical acivity), 5) reaksi (reaction), dan 6) koordinasi mata dan tangan (hand-eye coordination).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan yang diterapkan pada siswa TK Bintang Kelurahan Payo dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar anak. Keterbatasan dalam penelitian yakni pada modifikasi permainan hanya menyesuaikan sarana yang tersedia di sekolah, diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat memanfaatkan sarana yang lebih inovatif agar perkembangan keterampilan motoric kasar anak dapat berkembang lebih baik dan efisien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan, motorik kasar, permainan, modifikasi.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Jul 2023 11:58
Last Modified: 15 Jul 2023 11:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18952

Actions (login required)

View Item
View Item