Perilaku keputusan pembelian generasi Y dan Z dalam penggunaan e-commerce di masa pasca pandemic

I Gusti, Ngurah Satria Wijaya and Made, Dharma Ekayasa (2022) Perilaku keputusan pembelian generasi Y dan Z dalam penggunaan e-commerce di masa pasca pandemic. Jurnal Nusantara : Aplikasi Manajemen Bisnis, 7 (2): 13. pp. 338-357. ISSN 2549-5291

[thumbnail of Jurnal_I Gusti Ngurah Satria Wijaya_Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali_2022-13.pdf]
Preview
Text
Jurnal_I Gusti Ngurah Satria Wijaya_Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali_2022-13.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbandingan perubahan faktor-faktor perilaku keputusan pembelian konsumen generasi Y dan Z dengan penggunaan e-commerce dalam masa pasca pandemi. Metode analisa yang dipergunakan adalah teknik Struktural Equation Modelling (SEM) melalui penggunaan Partial Least Squares (PLS-SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa perbandingan hasil antara responden generasi Y dan generasi Z, ada tiga faktor yang memiliki hasil yang berbeda atau hasil yang bertolak belakang yaitu persepsi kemudahan, E-WOM, dan harga. Persepsi kemudahan dan E-WOM memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap
keputusan pembelian dari generasi Y, sedangkan kesesuaian harga tidak mempengaruhi keputusan generasi Y dalam membeli suatu barang. Pada generasi Z dalam mengambil keputusan pembelian sangat mempertimbangkan faktor kesesuaian harga. Sedangkan untuk E-WOM dan persepsi kemudahan tidak dipertimbangkan oleh generasi Z. Untuk faktor emosi positif memiliki hubungan yang positif signifikan baik untuk generasi Y dan generasi Z dan faktor persepsi kegunaan, keamanan, motivasi memiliki hubungan positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ecommerce di masa pasca pandemi. Implikasi dari penelitian ini adalah
memberikan rekomendasi bagi manajemen pengelola e-commerce untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik untuk generasi Y maupun generasi Z. Bahkan hasil penelitian ini juga memberikan rekomendasi yang lebih spesifik untuk faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian khususnya generasi Y dan Z dengan perbedaan hasil diatas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian, Generasi Y, Generasi Z, E-commerce
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:05
Last Modified: 07 Jul 2023 04:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item
View Item