Marketing strategy bagi sociopreneurship: extended brand melalui penggunaan e-commerce dalam meningkatkan brand preference

Amelia, Amelia and Ronald, Ronald and Hadi, Sucipto (2022) Marketing strategy bagi sociopreneurship: extended brand melalui penggunaan e-commerce dalam meningkatkan brand preference. Jurnal Nusantara : Aplikasi Manajemen Bisnis, 7 (2): 12. pp. 314-337. ISSN 2549-5291

[thumbnail of Jurnal_Amelia_Universitas Pelita Harapan_2022-12.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Amelia_Universitas Pelita Harapan_2022-12.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Sociopreneur dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai lokal diharapkan dapat semakin mendorong Ibu RT dalam berani melangkah mengambil resiko untuk kehidupan keluarga yang lebih baik dengan melibatkan masyarakat yang kurang mampu dan terpinggirkan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) yang merupakan salah satu fokus dari Pemerintah Jawa Timur sebagai bentuk dukungan terhadap Sociopreneur oleh Gubernur Jawa Timur pada tahun 2014 dengan agenda penurunan kemiskinan. Oleh karena itu, penting bagi Ibu RT untuk mengetahui mengenai penggunaan media online untuk memasarkan produk. Maka, penelitian ini haruslah dimulai pula dengan mengetahui pengaruh dari brand offering, internet shopping experience, word of mouth, brand familiarity, brand evaluation terhadap brand preference sehingga dapat diberikan saran yang tepat mengenai pemanfaat media online yang sesuai untuk produk yang ditawarkan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan software yang bernama SPSS versi 22.0 dalam mengelola data dan menganalisis data. Penelitian ini memiliki enam hipotesis, enam hipotesis diterima serta satu hipotesis ditolak. Temuan empiris tersebut mengidikasikan bahwa hubungan internet shopping experience berpengaruh signifikan terhadap brand evaluation dengan koefisien regresi sebesar 0.230; word of mouth berpengaruh signifikan terhadap brand evaluation dengan koefisien regresi sebesar 0.401; brand familiarity berpengaruh signifikan terhadap brand evaluation dengan koefisien regresi sebesar 0.564; brand evaluation berpengaruh signifikan terhadap brand preference dengan koefisien regresi sebesar 0.369; brand offering tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadap brand evaluation dengan koefisien regresi sebesar 0.098

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penawaran merek, Pengalaman berbelanja melalui Internet, Kata dari mulut ke mulut, Keakraban merek, Evaluasi merek, Preferensi merek
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:36
Last Modified: 07 Jul 2023 04:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18923

Actions (login required)

View Item
View Item