Dhiniaty, Gularso and Hadna, Suryantari and Henry Aditia, Rigianti and Martono, Martono (2021) Dampak pembelajaran daring terhadap kemampuan anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 7. pp. 100-118. ISSN 2460-6324
Jurnal_Dhiniaty Gularso_Universitas PGRI Yogyakarta_2021.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 terhadap kemampuan kognitif dan afektif anak berusia sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejodadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner daring melalui Google Form. Data yang terkumpul berjumlah 124 dari 178 orang tua siswa dari kelas satu sampai kelas enam. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah modus dan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran online selama pandemi COVID-19 berdampak pada peningkatan dan penurunan kemampuan anak seperti kemampuan berpikir, bahasa, matematika, teknologi, komunikasi, fisik, dan kemampuan berdoa. Peningkatan terbesar pada kemampuan anak terdapat pada kemampuan teknologi (36%) dan kemampuan berpikir (17%), sedangkan penurunan terbesar pada kemampuan anak terjadi pada kemampuan berpikir (33%) dan kemampuan fisik (19%).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, Dampak pembelajaran daring, Peningkatan kemampuan anak, Penurunan kemampuan anak |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 08:09 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 08:09 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18890 |