Implementasi program literasi melalui pemberian bingo card untuk menumbuhkan minat baca pada siswa kelas III SDN Selorejo II

Evi Saraswati Liyah, Agustinah and Rizka Nur, Oktaviani (2021) Implementasi program literasi melalui pemberian bingo card untuk menumbuhkan minat baca pada siswa kelas III SDN Selorejo II. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 5. pp. 63-81. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Evi Saraswati Liyah Agustinah_STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya_2021-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Evi Saraswati Liyah Agustinah_STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya_2021-5.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan implementasi program literasi melalui pemberian bingo card untuk menumbuhkan minat baca pada siswa kelas III SDN Selorejo II, (2) mendeskripsikan minat baca pada siswa kelas III SDN Selorejo II setelah adanya bingo card. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dan data penelitian ini meliputi sumber data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) implementasi program literasi melalui pemberian bingo card untuk menumbuhkan minat baca pada siswa kelas III SDN Selorejo II dilakukan dengan 3 tahap yakni; (a) tahap pembiasaan, dilakukan dengan menyuruh siswa untuk melakukan kegiatan membaca suatu hal yang tidak berkaitan dengan pelajaran selama 15 menit yang boleh dilakukan dari berbagai media; (b) tahap pengembangan, dilakukan melalui pemberian bingo card yang mengharusan siswa memilih kartu pertanyaan yang bertuliskan B, I, N, G, O didalam kantong yang tersedia; (c) tahap pembelajaran, siswa mengerjakan pertanyaan pada kartu yang telah diambil. Siswa mendapatkan hadiah jika sudah menyelesaikan pertanyaan hingga terkumpul huruf B, I, N, G, O. (2) minat baca siswa setelah adanya bingo card, diketahui mengalami pertumbuhan yang cukup bagus. Ini terbukti dari yang tadinya siswa tidak mau membaca menjadi mau untuk melakukan kegiatan membaca hingga 3-4 judul cerita karena tantangan yang ada pada bingo card.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Program literasi, Bingo card, Minat baca
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:36
Last Modified: 04 Jul 2023 08:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item
View Item