Bagaimana pola asuh orang tua dan kecerdasan intrapersonal menjelaskan prestasi belajar siswa?

Dilla, Fadhillah and Ersa, Novianti (2021) Bagaimana pola asuh orang tua dan kecerdasan intrapersonal menjelaskan prestasi belajar siswa? Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 2. pp. 17-35. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Dilla Fadhillah_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2021-2.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dilla Fadhillah_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2021-2.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola asuh orang tua dengan kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas III pada salah satu Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Tangerang, guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui interviu terhadap siswa, guru, dan orang tua siswa; pengisian angket oleh siswa dan orang tua siswa; observasi terhadap proses kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh siswa; dan dokumentasi terhadap dokumen yang mendukung data prestasi belajar siswa. Validasi penelitian dilakukan melalui metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pola asuh yang berdampak terhadap tingginya prestasi belajar siswa di antaranya berupa gabungan dari pola asuh demokratis dan otoritatif. Pola asuh otoriter turut menjelaskan capaian prestasi belajar siswa, namun dalam kategori sedang. Pola asuh permisif cenderung mendorong siswa kesulitan dalam menghadapi permasalahan, sehingga siswa mencapai prestasi belajar dalam kategori rendah. Prestasi belajar siswa juga berbanding lurus dengan tingkat kecerdasan intrapersonal siswa. Semakin siswa mampu mengenali diri sendiri, merefleksikan tindakan, dan mengendalikan dirinya sendiri maka semakin mampu siswa untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, Kecerdasan intrapersonal, Prestasi belajar, Pendidikan dasar, Siswa sekolah dasar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:05
Last Modified: 04 Jul 2023 08:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item
View Item