Sarah, Khairunnisa Zukhrufiah Mulyawan and Osa, Omar Sharif (2022) Analisis customer value index dalam menggunakan mobile payment di DKI Jakarta. Jurnal Nusantara : Aplikasi Manajemen Bisnis, 7 (1): 5. pp. 54-72. ISSN 2549-5291
Jurnal_Sarah Khairunnisa Zukhrufiah Mulyawan_2022_5.pdf
Download (319kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kombinasi atribut yang menghasilkan customer value index tertinggi dari ShopeePay, OVO, Gopay, DANA, dan LinkAja sehingga mengetahui preferensi konsumen terhadap mobile payment tersebut. Kemudian, tujuan lainnya adalah mengetahui atribut yang merupakan value driver. Atribut mobile payment pada penelitian ini adalah lima atribut, yaitu mobile payment platform, assurance policy, mileage program, authentication method, dan affiliate store. Penelitian ini memiliki 400 responden, dengan kriteria pengguna mobile payment dan tinggal di DKI Jakarta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa preferensi konsumen terhadap setiap mobile payment memiliki perbedaan beradasarkan atribut mileage program dan authentication method, tetapi terdapat persamaan untuk atribut assurance policy dan affiliate store. Konsumen menyukai mobile payment yang menyediakan jaminan kompensasi atas kerugian finansial dan data pengguna, dan bermitra dengan usaha kecil yang berjumlah banyak. Value driver pada mobile payment adalah assurance policy.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis konjoin, Customer value Index, DKI Jakarta, Mobile Payment, Preferensi konsumen, Value drive |
Subjects: | Administration & Management Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 14:08 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 14:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18851 |