Marya, Mujayana and Rudi, Santoso (2022) Media komunikasi pemasaran digital marketing produk UMKM selama pandemi Covid-19. Jurnal Nusantara : Aplikasi Manajemen Bisnis, 1 (1): 2. pp. 17-30. ISSN 2549-5291
Jurnal_Marya Mujayana_Universitas Muhammadiyah Madiun_2022_2.pdf
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya UMKM memanfaatkan sarana digital untuk kegiatan atau proses pemasaran. Pemanfaatan sarana digital ini digunakan UMKM untuk komunikasi pemasaran dalam rangka meningkatkan intensitas pembelian di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan literature review. Penelitian ini bertujuan menggambarkan keaadan obyek penelitian secara obyektif berdasarkan fakta dan data yang tampak. Obyek penelitian ini adalah 100 pengusaha UMKM di Kabupaten Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi adalah beragam. Pemanfaaatan digital marketing ber-platform media sosial mampu meningkatkan brand awareness produk UMKM. Pemanfaatan digital marketing sebagai sarana komunikasi pemasaran juga ini terbukti mampu meningkatkan intensitas pembelian yang berdampak pada peningkatan pendapatan. Penggunaan media sosial dan Marketplace sebagai sarana penjualan terbukti mampu digunakan sebagai media meningkatkan penjualan dan sekaligus strategi bertahan selama masa pandemi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pemasaran, Digital marketing, Media Sosial |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:47 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18847 |