Sahabuddin and Hikmad Hakim and Syahruddin (2020) Kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (2): 13. pp. 449-465. ISSN 2548 – 7833
Jurnal_Sahabuddin_Universitas Negeri Makassar_2020-13.pdf
Download (771kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif. Populasinya adalah siswa SD se-Kota Makassar dengan sampel dari 14 kecamatan diambil tiap sekolah sebagai perwakilan kecamatan sebanyak 10 orang siswa putri, secara keseluruhan sampel berjumlah 140 orang siswa putri dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan 8 item tes pemanduan bakat senam dan senam ritmik simpai menggunakan panduan instrumen tes Federation Internasional de Gymnastique (FIG). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik korelasi dan regresi pada taraf signifikan 5%.Berdasarkan hasil pengujian analisis korelasi dan regresi data motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa SD se-Kota Makassar diperoleh nilai regresi (Ro) 0,222 dengan tingkat probabilitas (0,000) < - 0,05, untuk nilai R Square (koefesien determinasi) 0,049. Maka motor educability benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai. Pada penelitian ini terbatas pada alat simpai, diharapkan dalam penelitian kedepan senam ritmik menggunakan alat-alat yang lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motor educability, senam ritmik, alat simpai. |
Subjects: | Health Resources |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 11:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 11:09 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18805 |