Resiliensi siswa tunanetra dalam kegiatan olahraga

Akhmad Olih Solihin and Agi Ginanjar and Dena Widyawan (2020) Resiliensi siswa tunanetra dalam kegiatan olahraga. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (2): 11. pp. 423-438. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Akhmad Olih Solihin_STKIP Pasundan Cimahi_2020-11.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Akhmad Olih Solihin_STKIP Pasundan Cimahi_2020-11.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor siswa tunanetra dapat disebabkan sejak lahir. Siswa tunenetra kurang mendapatkan kesempatan terlibat dalam berbagai aspek dalam kehidupan, khususnya dalam kegiatan olahraga. Walaupun siswa tunantera tetap mengikuti kegiatan olahraga, bagaimana resiliensi mereka agar tetap mengikuti kegiatan olahhraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resiliensi siswa tunanetra dari lahir dalam berolahraga di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Partisipan terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Jasmani, Guru Kelas, dan 2 Siswa tunanetra dari lahir di SLB Negeri A Citereup Kota Cimahi, sehingga partisipan yang terlibat sebanyak 5 orang partisipan. Instrummen penelitian menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data di bantu dengan menggunakan aplikasi NVivo 12 Plus. Hasil penelitian menyatakan bahwa resiliensi siswa tunanetra dalam kegiatan olahraga hanya sebatas mengikuti instruksi dan tidak memenuhi rekomendasi aktivitas fisik. Untuk menjaga agar siswa tunanetra mau berolahraga dengan memberikan nasihat, motivasi, bimbingan konseling secara individu, dan melakukan kegiatan olahraga di waktu luang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: resiliensi, siswa tunanetra, olahraga.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Jul 2023 11:00
Last Modified: 15 Jul 2023 11:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18798

Actions (login required)

View Item
View Item