Meningkatkan komponen kebugaran jasmani atlet bola tangan melalui latihan Tabata pada saat terjadinya wabah COVID-19

Edi Setiawan and Dody Tri Iwandana (2020) Meningkatkan komponen kebugaran jasmani atlet bola tangan melalui latihan Tabata pada saat terjadinya wabah COVID-19. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (2): 8. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Edi Setiawan_Universitas Suryakancana Cianjur_2020-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Edi Setiawan_Universitas Suryakancana Cianjur_2020-8.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik atlet melalui pelatihan Tabata. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Peserta dalam penelitian ini adalah atlet bola tangan pria (N = 30) (usia = 21,8 ± 1,3 tahun, tinggi = 169,6 ± 2 cm, berat = 60,7 ± 7 kg), semua peserta melakukan pelatihan Tabata selama 23 sesi dengan frekuensi 3 seminggu sekali. Tingkat kebugaran fisik atlet diukur menggunakan push up, curl up, V-sit and reach dan peregangan bahu. Semua data dianalisis menggunakan SPSS dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menemukan bahwa komponen kebugaran fisik, yaitu kekuatan daya tahan (P <0,05), kekuatan otot (P> 0,251), mobilitas di daerah punggung bawah dan paha belakang (P <0,05) dan mobilitas lengan atas (P <0,05) mengalami perbedaan sebelum dan sesudah intervensi program pelatihan Tabata. Studi ini menyimpulkan bahwa dalam situasi wabah coronavirus saat ini di seluruh dunia, Tabata adalah pelatihan alternatif yang dapat dilakukan oleh atlet bola tangan individu di rumah dan metode Latihan Tabata memiliki manfaat untuk meningkatkan beberapa komponen kebugaran fisik atlet bola tangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bola tangan, COVID-19, kebugaran fisik, latihan Tabata.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:07
Last Modified: 14 Jul 2023 04:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item
View Item