Hubungan waiting time dengan kepuasan pasien pada pasien rawat jalan di Puskesmas

Triyoso, Triyoso and Ahmad Muammar, Khoddafi and Umi Romayati, Keswara (2021) Hubungan waiting time dengan kepuasan pasien pada pasien rawat jalan di Puskesmas. Holistik: Jurnal Kesehatan, 15 (3): 10. pp. 459-466. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Triyoso_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2021-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Triyoso_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2021-10.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengukur kualitas layanan kesehatan. Waktu tunggu pasien lama akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan. Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2016, pemanfaatan fasilitas kesehatan di Puskesmas masih rendah, yaitu 26,7% masih rendah dibandingkan pemanfaatan fasilitas kesehatan puskesmas di Provinsi Lampung yaitu 32,6%. Tujuan: Diketahui hubungan waiting time dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bengkunat Belimbing Kab. Pesisir Barat. Metode: penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara cross sectional, dengan populasi seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Belimbing Kab. Pesisir Barat yang berjumlah 421 responden. Tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling dengan jumlah sampel 134 responden. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil: Didapatkan tingkat kepuasan kategori puas berusia rata-rata 40.80 tahun dengan standar devisiasi 8.765, rentang 19-59 tahun, berjenis kelamin laki laki 58 (66%), berpendidikan SMP 53 (60%), pekerjaan petani 56
(64%), tipe kunjungan ulang 68(77%), waktu antara menunggu dengan registrasi ≥20 menit 50 (57%), waktu menunggu registrasi dengan konsultasi ≥ 20 menit 44 (50%), waktu menunggu konsultasi ≥ 20 menit 25 (54%), waktu menunggu keseluruhan ≥ 60 menit 29 (63%). Simpulan: tidak didapatkan hubungan antara waiting time dengan kepuasan pasien (p-value >0.05)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Waiting time, Pasien, Kepuasan, Pasien rawat jalan, Puskesmas
Subjects: Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance
Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Needs & Demands
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:21
Last Modified: 06 Jul 2023 03:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item
View Item