Profesionalisme guru pendidikan jasmani: dari kepemimpinan Kepala Sekolah, budaya sekolah hingga motivasi kerja guru

Albadi Sinulingga and Suprayitno and Dian Pertiwi (2019) Profesionalisme guru pendidikan jasmani: dari kepemimpinan Kepala Sekolah, budaya sekolah hingga motivasi kerja guru. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (2): 10. pp. 296-311. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Albadi Sinulingga_Universitas Negeri Medan_2019-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Albadi Sinulingga_Universitas Negeri Medan_2019-10.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara kepemimpinan Kepala Sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru Pendidikan Jasmani. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ext-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 952 orang dari 34 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta yang terdaftar didalam data MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Pendidikan Jasmani SMK Kabupaten Serdang Bedagai di Provinsi Sumatera Utara tahun 2017. Sampel sebanyak 30 guru pendidikan jasmani dari 34 Sekolah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analysis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh secara langsung terhadap profesionalisme guru, sedangkan budaya sekolah tidak akan mempengaruhi profesionalisme guru. Kesimpulannya bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik, budaya sekolah yang sehat, dan motivasi kerja guru yang tinggi merupakan faktor tinggi rendahnya profesionalisme guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, motivasi kerja, pendidikan jasmani.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:43
Last Modified: 14 Jul 2023 02:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item
View Item