Penggunaan QR code pada dunia pendidikan : penelitian pengembangan bahan ajar

Guntur Firmansyah and Didik Hariyanto (2019) Penggunaan QR code pada dunia pendidikan : penelitian pengembangan bahan ajar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (2): 8. pp. 265-278. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Guntur Firmansyah_IKIP Budi Utomo Malang_2019-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Guntur Firmansyah_IKIP Budi Utomo Malang_2019-8.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan bahan ajar mata kuliah teori dan praktek tenis meja berbasis QR Code yang mudah dipelajari, mudah diakses serta cepat untuk diakses untuk meningkatkan motivasi dan ketrampilan dasar bermain tenis meja. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan ini adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk.Tahapan 4D terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Secara ringkas data yang dapat disajikan yakni pada tahap analisis kebutuhan diperoleh data 79,2 % mahasiswa setuju jika dikembangkan bahan ajar tenis meja berbasis QR Code. Pada tahap pengembangan melalui tahap uji validasi yang dilakukan oleh 3 orang ahli diantaranya ahli media pembelajaran 75 %, ahli materi 85,2 % dan ahli bahasa75% sedangkan pada tahapan ujicoba didapatkan 77,01 % sehingga kesimpulan yang dapat ditarik dari data yang sudah dijabarkan diatas adalah bahan ajar berbasis QR Code layak dan bisa digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: QR code, pendidikan, pengembangan, bahan ajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:35
Last Modified: 14 Jul 2023 02:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item
View Item