Ujang Rohman (2019) Permainan Hula Hoop: Penggunaan dan Implikasinya bagi kebugaran jasmani. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (2): 7. pp. 249-264. ISSN 2548 – 7833
Jurnal_Ujang Rohman_Universitas PGRI Adi Buana Surabaya_2019-7.pdf
Download (728kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh penerapan pembelajaran permainan hula hoop terhadap tingkat kebugaran jasmani. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan secara sistimatis dan terstruktur dengan mendeskripsikan pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Populasi penelitian siswa SDN Sawahan IV Surabaya, sedangkan sampel penelitian adalah siswa putri kelas 4, 5 dan 6 yang diambil secara proporsi berdasarkan strata berjumlah 40 siswa putri. Hasil analisis uji hipotesis (uji-t) pada tarap nyata α = 0.05 dan dk = 39 ternyata nilai thitung setiap komponen kebugaran jasmani lebih besar daripada nilai t-tabel, berarti nilai t hitung > tsig.0.05. Artinya penerapan pembelajaran permainan hula hoop menunjukkan pengaruh yang signifikan pada setiap komponen kebugaran jasmani yang meliputi unsur kecepatan, kekuatan, kelentukan, kelincahan, power dan daya tahan. Sedangkan hasil analisis uji varian (uji-F) pada taraf nyata (α = 0.05) didapat nilai Fhitung sebesar 2,24 dan Ftabel sebesar 2,17 berarti nilai Fhitung > Fsig.0.05 (6:133) artinya penerapan permainan hula hoop memberikan pengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa putri sekolah dasar. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan permainan hula hoop dalam pembelajaran PJOK memberikan pengaruh yang signifikan pada setiap komponen kebugaran jasmani siswa putri Sekolah Dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hula hoop, pendidikan jasmani, kebugaran jasmani. |
Subjects: | Social and Political Sciences |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18762 |