Pengembangan media tata surya berbasis macromedia flash sebagai inovasi pembelajaran daring untuk siswa SD

Sutrisno, Sahari and Wahyudi, Wahyudi (2020) Pengembangan media tata surya berbasis macromedia flash sebagai inovasi pembelajaran daring untuk siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 13. pp. 174-183. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Sutrisno Sahari_Universitas Nusantara PGRI Kudus_2020-13.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sutrisno Sahari_Universitas Nusantara PGRI Kudus_2020-13.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ada dimana dimasa pandemi covid-19 siswa dituntut belajar dari rumah dengan pembelajaran dalam jaringan (DARING). Dengan demikian peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan valid digunakan untuk siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa media tata surya layak digunakan untuk siswa sekolah dasar dibuktikan dengan hasil validitas ahli media dengan nilai kevalidan mencapai 90% dengan kategori layak. Validitas kelayakan media berdasarkan kesesuian gambar, warna, font, tata letak tulisan, gambar, animasi, dan suara. Sedangkan ahli materi validitas mencapai 83% berdasarkan kopentensi inti (KI), indikator, kesesuaian dengan perkembangan kognitif anak. Sedangkan ahli bahasa sebesar 87% dengan kategori layak berdasarkan tikat perkembangan bahasa siswa. Dengan demikian produk media tata surya valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media tata surya, Macromedia flash, Pembelajaran dalam jaringan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:49
Last Modified: 03 Jul 2023 04:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item
View Item