Pengaruh kegiatan robotika terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa usia SD

Rossy, Miselina and Abdul, Muhid (2020) Pengaruh kegiatan robotika terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 10. pp. 136-146. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Rossy Miselina_Universitas 17 Agustus 1945_2020-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rossy Miselina_Universitas 17 Agustus 1945_2020-10.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir menjadi salah satu aspek penting dalam menciptakan ide, konsep, dan kreativitas untuk membuat sesuatu hasil karya yang baru. Keterampilan berpikir sangat diperlukan bagi siswa usia SD karena menyangkut instrumen pengembangan dalam diri untuk dapat memperoleh pengetahuan sekaligus wawasan dalam membentuk kreativitas. Kegiatan robotika memiliki keterkaitan dengan keterampilan berpikir secara kreatif, karena kegiatan ini tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan untuk mengembangkan suatu ide, konsep, dan karya tetapi menjadi salah satu keterampilan dalam berpikir siswa untuk dapat mengeskplorasi kemampuan dalam dirinya sehingga siswa dapat melatih dan meningkatkan kemampuan motoriknya dalam menciptakan ide, konsep, dan karya dalam kegiatan robotika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir, Robotika, Kreativitas, Pengembangan diri
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:28
Last Modified: 03 Jul 2023 04:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item
View Item