Rossy, Miselina and Abdul, Muhid (2020) Pengaruh kegiatan robotika terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 10. pp. 136-146. ISSN 2460-6324
Jurnal_Rossy Miselina_Universitas 17 Agustus 1945_2020-10.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Keterampilan berpikir menjadi salah satu aspek penting dalam menciptakan ide, konsep, dan kreativitas untuk membuat sesuatu hasil karya yang baru. Keterampilan berpikir sangat diperlukan bagi siswa usia SD karena menyangkut instrumen pengembangan dalam diri untuk dapat memperoleh pengetahuan sekaligus wawasan dalam membentuk kreativitas. Kegiatan robotika memiliki keterkaitan dengan keterampilan berpikir secara kreatif, karena kegiatan ini tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan untuk mengembangkan suatu ide, konsep, dan karya tetapi menjadi salah satu keterampilan dalam berpikir siswa untuk dapat mengeskplorasi kemampuan dalam dirinya sehingga siswa dapat melatih dan meningkatkan kemampuan motoriknya dalam menciptakan ide, konsep, dan karya dalam kegiatan robotika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir, Robotika, Kreativitas, Pengembangan diri |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:28 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18711 |