Meta analisis: pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa

Kharisma Eka, Putri (2020) Meta analisis: pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 9. pp. 127-135. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Kharisma Eka Putri_Universitas Nusantara PGRI Kudus_2020-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kharisma Eka Putri_Universitas Nusantara PGRI Kudus_2020-9.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada subjek kelas, tema, dan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian meta-analisis dengan 10 artikel sebagai sampel dari jurnal nasional dan instrumennya adalah lembar dengan pengkodean (coding category). Penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa pada subjek kelas, pendekatan saintifik berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada subjek kelas rendah. Pada subjek tema pembelajaran, pendekatan saintifik berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran non tema. Sedangkan dari subjek media pembelajaran yang digunakan, pendekatan saintifik berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada media papan berpaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meta-analisis, Pendekatan saintifik, Hasil belajar siswa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:15
Last Modified: 03 Jul 2023 04:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item
View Item