Pengetahuan dan perilaku safety riding siswa SMA

Indri, Wahyuningsih and Syahra, Ramdana (2020) Pengetahuan dan perilaku safety riding siswa SMA. Holistik: Jurnal Kesehatan, 14 (4): 8. pp. 564-572. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Indri Wahyuningsih_Universitas Muhammadiyah Malang_2020-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Indri Wahyuningsih_Universitas Muhammadiyah Malang_2020-8.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: kalangan usia muda merupakan yang paling banyak terlibat kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia, diakibatkan gaya berkendara yang beresiko. Siswa SMA termasuk salah satu kelompok usia muda dengan usia rata-rata 15-18 tahun. Untuk menjamin keselamatan lalu lintas, dibentuk program safety riding yang mencakup perilaku disiplin dalam aturan dan tatacara berkendara. Perilaku sendiri dipengaruhi faktor pembentuk salah satunya pengetahuan. Pengetahuan sebagai ransangan atau stimulus dan menjadi dasar dalam bertindak. Tujuan: penelitian ini ingin mencari hubungan pengetahuan dengan perilaku safety riding pada siswa SMA. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, dan teknik sampling simple radom sampling. Sampel diperoleh sebanyak 164 responden. Kemudian data dianalisis
menggunakan korelasi spearman rank dengan tingkat kemaknaan 5%. Hasil: sebagian besar responden memiliki pengetahuan dengan kategori baik (67,1%), begitupun dengan perilaku, mayoritas responden memiliki perilaku berkendara aman (82,9%). Hasil analisis korelasi spearman rank didapatkan p-value 0,120 atau lebih besar dari kemaknaan 5% (p>0,05).
Simpulan: tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan perilaku safety riding.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku safety riding, Siswa SMA
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:34
Last Modified: 27 Jun 2023 07:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item
View Item