Annisa Siti, Rufaidah and Suparno, Suparno and Ujang, Jamaludin (2020) Penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa di SD Negeri Sukamulya I melalui program Kurassaki. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 5. pp. 65-83. ISSN 2460-6324
Jurnal_Annisa Siti Rufaidah_Universitas Sultan Ageng Tirtayasa_2020-5.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa di SDN Sukamulya I melalui program Kurassaki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa di SDN Sukamulya I melalui program Kurassaki dilaksanakan melalui tiga tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Kurassaki, faktor pendukung dari guru yaitu adanya pelatihan dari pembina program Kurassaki yang diikuti oleh guru untuk mengoptimalkan pelaksanaan program, dari siswa adalah karakteristik anak sekolah dasar yang masih bersifat imitatif memudahkan siswa untuk diarahkan dan berpartisipasi dalam pelaksanaan program, dari sarana dan prasarana yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang. Hambatan dari siswa yaitu lupa membawa tempat makanan dan minuman, serta kurangnya tanggung jawab dalam pemeliharaan alat kebersihan, dari sarana dan prasarana adalah terdapat alat kebersihan yang rusak dan hilang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter di SD, Karakter peduli lingkungan, Program Kurassaki |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:30 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:30 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18699 |