Lina, Rosidah and Savitri, Wanabuliandari and Sekar Dwi, Ardianti (2020) Pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 4. pp. 50-64. ISSN 2460-6324
Jurnal_Lina Rosidah_Universitas Muria Kudus_2020-4.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, menganalisis peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji z dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) berpikir kritis siswa aspek pengetahuan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO lebih baik dibandingakan sebelum diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung -4,16 < -Ztabel -1,96. (2) penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dapat meningkatkan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai gain aspek pengetahuan dengan nilai 0,3673 kategori sedang dan nilai gain aspek keterampilan dengan nilai 0,5186 kategori sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, SAVI, KAPINDO |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:29 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18697 |