Pengembangan program pelatihan edukator tuberkulosis paru

R. Totong, Iskandar and Enie, Novieastari and Satinah, Satinah (2020) Pengembangan program pelatihan edukator tuberkulosis paru. Holistik: Jurnal Kesehatan, 14 (4): 6. pp. 545-555. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_R. Totong Iskandar_Universitas Indonesia_2020-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_R. Totong Iskandar_Universitas Indonesia_2020-6.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Kualitas edukasi pada pasien menjadi elemen kunci mutu promosi kesehatan di rumah sakit. Fenomena yang terjadi di poliklinik paru ialah pemberian edukasi yang sangat minim dan belum ada tim edukator TB.Tujuan: untuk meningkatkan kompetensi perawat sebagai edukator di poliklinik paru dengan melaksanakan pelatihan edukator TB.
Metode: Metode yang digunakan dengan penelitian tindakan, identifikasi masalah dengan teknik wawancara terstruktur, observasi, dan pengisian kuesioner kepada kabidyankep dan 2 orang kasie. Analisis masalah dilakukan dengan metode fish bone, pemecahan masalah menggunakan metode planing of action. Hasil: sebagai syarat kelengkapan instrumen pelatihan telah dibuat struktur kurikulum dan deskripsi kegiatan serta modul yang berisi materi pelatihan. Dari hasil pelatihan ini akan dibentuk tim edukator TB RS X.
Simpulan: Wujud tanggung jawab manajer keperawatan dalam peningkatan kualitas SDM keperawatan guna meningkatkan kompetensi perawat sebagai edukator TB dalam promosi kesehatan dan pencegahan peningkatan angka penderita TB Paru di rumah sakit yakni dengan menyusun struktur kurikulum dan modul pelatihan edukator TB dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pelatihan, Perawat, Edukator, Tuberkulosis paru
Subjects: Health Resources > Environmental & Occupational Factors
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:00
Last Modified: 27 Jun 2023 07:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18695

Actions (login required)

View Item
View Item