Peranan senam irama terhadap kebugaran jasmani untuk siswa Sekolah Dasar

Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu and Hendra Mashuri (2019) Peranan senam irama terhadap kebugaran jasmani untuk siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (1): 8. pp. 89-97. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu_Universitas Bhayangkara Jakarta Raya_2019-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu_Universitas Bhayangkara Jakarta Raya_2019-8.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Kebugaran jasmani bagi anak Sekolah Dasar merupakan aspek utama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam irama terhadap kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimen dengan rancangan penelitian pretest – posttest kelompok tunggal (The One Group Pretest Posttest Design). Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling dengan jumlah 30 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 6 – 9 Tahun. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa sumbangan relatif dari penggunaan senam irama meningkat dengan hasil pretest/posttest = 10,87/19,77 x 100%= 54,98%. Dengan demikian sumbangan lebih dari 50% yang berarti senam irama pada penelitian ini dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak di Sekolah Dasar dan untuk 45,02% dapat diperoleh dari perlakuan lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: senam, senam irama, kebugaran jasmani, sekolah dasar.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:09
Last Modified: 12 Jul 2023 08:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item
View Item