Pemahaman peraturan permainan tenis lapangan pada peserta penataran wasit tenis lisensi daerah

Rices Jatra and Debi Dori Fernando (2019) Pemahaman peraturan permainan tenis lapangan pada peserta penataran wasit tenis lisensi daerah. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (1): 6. pp. 70-79. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Rices Jatra_Universitas Islam Riau_2019-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rices Jatra_Universitas Islam Riau_2019-6.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Tenis merupakan olahraga yang sangat populer dan sudah mendunia, sehingga sangat dibutuhkan seorang wasit atau petugas dalam memimpin pertandingan. Salah satu petugas permainan tenis adalah seorang chair umpire yang memimpin pertandingan langsung di lapangan. Banyaknya pertandingan di Riau ini tentu harus didukung oleh wasit yang professional. Untuk menjadi wasit yang professional tentu harus didukung dengan penguasaan peraturan permainan tenis dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan memberikan tes kepada para peserta penataran wasit yang telah mengikuti kegiatan penataran, untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap peraturan permainan tenis. Sampel penelitian ini adalah peserta penataran yang telah mengikuti penataran wasit tenis lapangan. Sampel penelitian berjumlah 25 (dua puluh lima) orang. Penelitian berlokasi di Bangkinang Kabupaten Kampar pada tanggal 6 Januari 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peraturan permainan tenis lapangan dengan kategori baik sekali 8%, kategori baik 12%, kategori sedang 56% untuk kategori kurang 16% sedangkan kurang sekali masing masing 8%. Hasil ini dapat memberikan kesimpulan bahwa tingkat pemahaman peraturan permainan tenis lapangan pada peserta penataran dalam kategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemahaman, wasit, peraturan tenis.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:02
Last Modified: 12 Jul 2023 08:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item
View Item