Hubungan parameter fisika kimia air terhadap parameter nutrien dan parameter indikator pencemar menurut musim di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk

Siti Aisyah (2008) Hubungan parameter fisika kimia air terhadap parameter nutrien dan parameter indikator pencemar menurut musim di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk. In: Prosiding Seminar Nasional Limnologi IV, IPB International Convention Center, Bogor.

[thumbnail of Prosiding Seminar Nasional Limnologi_Siti Aisyah_478-489_2008.pdf]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional Limnologi_Siti Aisyah_478-489_2008.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Sungai Cimanuk mensuplai air tawar yang sekaligus mengandung sedimen hasil erosi yang cukup besar dan juga polutan lain yang berasal dari limbah rumah tangga dan pertanian. Pengumpulan data dilakukan untuk sebagai dasar referensi atau bahan pengambilan keputusan dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Studi tentang hubungan parameter fisika-kimia (suhu, turbiditas, pH, konduktivitas, dan suspendid solid) terhadap parameter nutrien dan parameter indikator pencemar dilakukan mengingat besarnya pengaruh parameter tersebut dalam mengontrol keberadaan zat-zat penentu baik buruknya kualitas air suatu perairan. Variabel iklim/cuaca termasuk dalam hal ini faktor musim, sangat mempengaruhi kondisi ekohidrologi suatu DAS disamping faktor lainnya.Studi ini bertujuan untuk melihat distribusi spasial setiap parameter, melihat perbedaan jumlah rata-rata setiap parameter berdasarkan musim hujan dan musim kemarau, dan mengungkap hubungan antar parameter di kedua musim. Data diambil dari Laporan Tahunan Pemantauan Kualitas Air DAS Cimanuk- Cisanggarung tahun 1999-2005, Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air. Data diolah secara piktorial menggunakan software MS Excell 2003 dan dan analisis statistik dengan software Statistic’99 terhadap parameter suhu, pH, turbiditas, konduktivitas, suspendid solid (SS), nitrat-N, ortofosfat-P, oksigen terlarut (DO), BOD, dan COD. Secara spasial berdasarkan parameter yang dianalisis kualitas air Sungai Cimanuk menurun dari hulu ke hilir. Perbedaan rata-rata yang signifikan antara musim hujan dan kemarau terdapat pada parameter turbiditas, suspendid solid, nitrat-N, DO, BOD, dan COD. Hubungan parameter fisika-kimia air terhadap parameter nutrien dan parameter indikator pencemar lebih signifikan pada musim hujan dibandingkan pada musim kemarau. Parameter pH, turbiditas dan SS adalah faktor yang berkorelasi paling signifikan terhadap parameter nutrien dan parameter indikator pencemar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: hubungan, fisika-kimia, nutrien, pencemar, Cimanuk.
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Environmental Pollution & Control > Water Pollution & Control
Divisions: OR Kebumian dan Maritim > Limnologi_dan_Sumber_Daya_Air
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:22
Last Modified: 31 Aug 2023 04:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18663

Actions (login required)

View Item
View Item