Pengaruh kinerja petugas kesehatan pada tingkat kepuasan pasien

M. Arifki, Zainaro and Muhammad, Nurhidayat (2020) Pengaruh kinerja petugas kesehatan pada tingkat kepuasan pasien. Holistik: Jurnal Kesehatan, 14 (2): 4. pp. 187-194. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_M. Arifki Zainaro_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2020-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_M. Arifki Zainaro_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2020-4.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan : Kepuasan pasien yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan dengan mengetahui
tingkat kepuasan pasien, puskesmas dapat meningkatkan mutu pelayanan. Persentasi pasien yang menyatakan
puas terhadap pelayanan berdasarkan hasil survey dengan instrument yang baku. Kinerja SDM merupakan
istilah yang berasal dari kata Job Performance atau Actual Performance (prestasi kerja atau prestasi
sesungguhnya yang dicapai seseorang)
Tujuan : Diketahui pengaruh kinerja petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien Di Puskesmas Se-Kabupaten
Lampung Barat Tahun 2019.
Metode : Kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah pasien yang datang berobat/dirawat pada Puskesmas Se-Kabupaten Lampung Barat,
dengan jumlah sampel di 7 Puskesmas berjumlah 130 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode Cluster Sampling (Area Sampel)
Hasil : Sebagian besar responden menilai kinerja petugas kesehatan dalam kategori buruk berjumlah 78
responden (60,0%) dan sebagian besar responden merasa tidak puas berjumlah 69 responden (53,1%).
Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,034 atau p-value < nilai α (0,05) yang artinya terdapat
hubungan antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan pasien.
Simpulan: Hasil penelitian ini diharapkan agar pihak Puskesmas dapat meningkatkan kinerja perawat
dan dapat mengembangkan atau memperbaharui kualitas pelayanan yang terbaik untuk pasien,
dengan cara menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana dalam menunjang pelayanan kesehatan,
memperbaiki semua tatacara pelayanan yang bermutu serta meningkatkan program kinerja yang
berhubungan dengan peningkatan status kesehatan, sehingga kepuasan pasien dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Petugas kesehatan; Kepuasan pasien
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Needs & Demands
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 20 Jun 2023 11:01
Last Modified: 20 Jun 2023 11:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18643

Actions (login required)

View Item
View Item