Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket

Boby Agustan and Nurlan Kusmaedi and Yudy Hendrayana (2020) Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (1): 13. pp. 157-172. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Boby Agustan_STKIP Muhammadiyah Kuningan_2020-13.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Boby Agustan_STKIP Muhammadiyah Kuningan_2020-13.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan performa permainan bola basket siswa sebelum dan sesudah menggunakan Hybrid Sport Education-Invasion Games Competence Model (SE-IGCM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan the one-group pretest-posttest design. Partisipan di dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa SMA kelas X yang pilih dengan menggunakan systematic sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Basketball Offensive Game Performance Instrument (BOGPI). Uji hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan paired samples t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan performa permainan bola basket pada siswa sesudah menggunakan Hybrid SE-IGCM. Penelitian ini memberikan penemuan bahwa Sport Education dengan menggunakan tiga tahap yang dimodifikasi dengan Invasion Games Competence Model dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya dalam peningkatan performa permainan dalam bentuk invasi. Sehingga Hybrid SE-IGCM dapat digunakan dalam peningkatan performa permainan bola basket.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bola basket, invasion games competence model, modifikasi, performa permainan, sport education.
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:03
Last Modified: 07 Jul 2023 04:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item
View Item