Implementasi model pembelajaran Gal’Perin untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa pada pembelajaran statistika

Bambang Soenarko and Abdul Aziz Hunaifi and Kukuh Andri Aka (2020) Implementasi model pembelajaran Gal’Perin untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa pada pembelajaran statistika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2): 7. pp. 255-278. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Bambang Soenarko_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2020-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Bambang Soenarko_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2020-7.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui proses keterlaksanaan model Gal’Perin, hasil peningkatan aktivitas dan kemampuan berfikir kritis (KBK) mahasiswa. Berdasarkan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus ditemukan bahwa bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh dosen model menggunakan model Gal’Perin dikatakan telah 100% berhasil. Untuk keaktifan mahasiswa menunjukan di atas skor ≥ 75% dan dapat dikatakan mahasiswa aktif. Skor rata-rata keaktifan belajar siswa dari siklus I selalu menunjukkan peningkatan dibanding pertemuan-pertemuan sebelumnya. Skor siklus I mencapai 72 dan siklus II mencapai 79. Rata-rata KBK sebagai wujud hasil belajar mahasiswa secara klasikal pada siklus 1 sejumlah 79 dan pada siklus 2 sejumlah 82, meski mengalami kenaikan namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan hal tersebut terbukti dari uji paired t-tes dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,149 yang artinya lebih besar dari 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil KBK siklus 1 dan siklus 2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gal’Perin, Aktivitas, Berfikir kritis, Statistika
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:31
Last Modified: 23 Jun 2023 08:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item
View Item