Bambang Soenarko and Abdul Aziz Hunaifi and Kukuh Andri Aka (2020) Implementasi model pembelajaran Gal’Perin untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa pada pembelajaran statistika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2): 7. pp. 255-278. ISSN 2460-6324
Jurnal_Bambang Soenarko_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2020-7.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui proses keterlaksanaan model Gal’Perin, hasil peningkatan aktivitas dan kemampuan berfikir kritis (KBK) mahasiswa. Berdasarkan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus ditemukan bahwa bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh dosen model menggunakan model Gal’Perin dikatakan telah 100% berhasil. Untuk keaktifan mahasiswa menunjukan di atas skor ≥ 75% dan dapat dikatakan mahasiswa aktif. Skor rata-rata keaktifan belajar siswa dari siklus I selalu menunjukkan peningkatan dibanding pertemuan-pertemuan sebelumnya. Skor siklus I mencapai 72 dan siklus II mencapai 79. Rata-rata KBK sebagai wujud hasil belajar mahasiswa secara klasikal pada siklus 1 sejumlah 79 dan pada siklus 2 sejumlah 82, meski mengalami kenaikan namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan hal tersebut terbukti dari uji paired t-tes dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,149 yang artinya lebih besar dari 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil KBK siklus 1 dan siklus 2.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gal’Perin, Aktivitas, Berfikir kritis, Statistika |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 07:31 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 08:05 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18548 |