Pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa Using sebagai warisan budaya lokal Banyuwangi di SDN 1 Sumberbaru

Karimatus, Saidah and Rima, Trianingsih (2020) Pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa Using sebagai warisan budaya lokal Banyuwangi di SDN 1 Sumberbaru. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2): 6. pp. 242-254. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Karimatus Saidah_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2020-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Karimatus Saidah_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2020-6.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Using yang dilksanakan di SDN 1 Sumberbaru (2) Menjabarkan kurikulum pembelajaran Bahasa Using di tingkat sekolah dasar (3) Mengetahui bagaimana pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Using yang dilaksanakan khususnya di kelas V. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian etnografi tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kegiatan siswa, wawancara dan dokumentasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Using. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, revisi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SDNI Sumberbaru dilaksanakan setiap dua minggu sekali berselang seling dengan pembelajaran Bahasa jawa. Guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan buku Panduan yang telah disediakan oleh sekolah. Dalam satu semester siswa harus menguasai tiga kompetensi pada aspek pengetahuan dan tiga kompetensi pada aspek keterampilan. Materi pembelajaran Bahasa Using tesebut meliputi bacaan, sastra dan tata Bahasa yang mengangkat berbagai budaya Using seperti kesenian, makanan khas, puisi dan sebagainya. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa dapat berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Using namun kurang memahami bacaan maupun sastra dalam pembelajaran Bahasa Using. Hasil dokumentasi nilai ujian tengah semester menunjukkan rata-rata nilai siswa yaitu 39 sedangkan kriteria ketuntasan minimalnya adalah 75. Faktor penyebabnya adalah ada bebebrapa guru (khususnya kelas V) yang bukan orang asli Using sehingga masih mempelajari dan mengembangkan metode pembelajaran yang tepat serta struktur Bahasa Using yang ditampilkan dalam pembelajaran masih di rasa asing bagi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Using, Siswa, Kearifan local Banyuwangi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:50
Last Modified: 22 Jun 2023 07:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18545

Actions (login required)

View Item
View Item