Dek Ngurah Laba Laksana and Yosefina Uge Lawe and Frumensia Ripo and Maria Oliva Bolo and Tarsisius Donbosko Dua (2020) Lembar kerja siswa berbasis budaya lokal Ngada untuk pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2): 5. pp. 227-241. ISSN 2460-6324
Jurnal_Dek Ngurah Laba Laksana_STKIP Citra Bakti_2020-5.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran saat ini menitikberatkan pada kemampuan berpikir kritis dengan memanfaatkan sumber belajar kontekstual. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan kualitas lembar kerja siswa berbasis budaya lokal dari aspek isi/konten, desain pembelajaran, media pembelajaran, dan pengguna produk yang sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar. Lembar kerja siswa terintegrasi budaya lokal dikembangkan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dihasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) tematik sekolah dasar kelas IV pada tiga tema. Persepsi ahli konten terhadap LKS berbasis budaya lokal ada pada kategori sangat baik. Persepsi ahli desain pembelajaran terhadap LKS berbasis budaya lokal ada pada kategori baik. Persepsi ahli media terhadap LKS berbasis budaya lokal ada pada kategori baik. Persepsi siswa terhadap LKS berbasis budaya lokal ada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan sudah sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja siswa, Budaya lokal, Pembelajaran tematik |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 07:30 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 08:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18542 |