Niken Yuniar, Sari and Sri, Maryuni (2019) Peningkatan harga diri melalui intervensi cognitive behavioral therapy pada remaja korban bullying. Holistik: Jurnal Kesehatan, 13 (4): 1. pp. 270-277. ISSN 1978-3337
Jurnal_Niken Yuniar Sari_Universitas Mitra Indonesia_2019-1.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
Abstract
Pendahuluan: Bullying merupakan suatu perilaku agresif, ilegal, negatif baik secara fisik maupun psikis yang ada dilingkungan sosial dan saat ini lebih banyak terjadi di dunia pendidikan. Tanda gejala yang muncul akibat bullying diantaranya berupa harga diri rendah. Upaya kesehatan pada korban bullying disekolah belum bersifat kesehatan psikologi seperti psikoterapi.Tujuan: Hasil penanganan kasus ini bertujuan untuk menganalisis perubahan tanda gejala harga diri remaja santri korban bullying setelah diberikan intervensi Cognitive Behaviour Therapy menggunakan penerapan teori stres adaptasi Stuart. Metode: Penanganan kasus ini menggunakan metode case study, dengan jumlah responden 21 orang.Hasil: Penanganan kasus menunjukan bahwa remaja santri korban bullying dengan jenis kelamin perempuan yang sebagian besar berusia 14 tahun, terjadi peningkatan harga diri terutama pada aspek kognitif dan perilaku setelah diberikan tindakan keperawatan ners dan ners spesialis berupa Cognitive Behavior Therapy. Simpulan: Penanganan kasus ini berupa Cognitive Behavior Therapy dapat digunakan sebagai salah satu upaya preventif remaja santri remaja korban bullying terjadinya harga diri rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga diri, Cognitive Behavioral Therapy, Remaja, Korban bullying |
Subjects: | Health Resources > Health Services Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation Medicine & Biology > Psychiatry |
Depositing User: | - Elfrida Meryance Saragih |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 07:52 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18541 |