Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar dalam merancang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berkategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui pelatihan partisipatif

Peduk Rintayati and Siti Istiyati and Ahmad Syawaludin (2020) Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar dalam merancang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berkategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui pelatihan partisipatif. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2): 3. pp. 202-210. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Peduk Rintayati_Universitas Sebelas Maret Surakarta_2020-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Peduk Rintayati_Universitas Sebelas Maret Surakarta_2020-3.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Implementasi higher order thinking skills (HOTS) dalam pembelajaran sains di SD sangat diperlukan agar siswa mendapat stimulasi untuk berpikir kritis dan kreatif melalui tugas-tugas eksperimen sains. Tugas-tugas kegiatan belajar mengajar perlu diterapkan dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS dengan disesuaikan pada karakteristik perkembangan berpikir siswa SD, kurikulum, dan disesuaikan dengan hakikat IPA sebagai produk, proses, dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran IPA berkategori HOTS melalui penerapan pelatihan partisipatif, terdiri atas tahapan analisis kebutuhan peserta pelatihan, pengkajian materi, merancang tugas pembelajaran IPA berkategori HOTS secara kolaboratif. Subjek yang dilibatkan sebanyak 14 guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Desain penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan merancang pembelajaran sains di SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru SD dalam merancang pembelajaran sains berkategori HOTS setelah mengikuti pelatihan memiliki skor lebih tinggi daripada sebelum mengikuti pelatihan partisipatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Pelatihan partisipatif, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Guru sekolah dasar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:30
Last Modified: 22 Jun 2023 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item
View Item