Potensi pemanfaatan sistem APRS untuk sarana penyebaran informasi kondisi cuaca antariksa

Varuliantor Dear (2010) Potensi pemanfaatan sistem APRS untuk sarana penyebaran informasi kondisi cuaca antariksa. Berita Dirgantara majalah Ilmah Semi Populer, 11 (3): 1. pp. 72-79.

[thumbnail of Majalah_LAPAN_Varuliantor Dear_2010.pdf]
Preview
Text
Majalah_LAPAN_Varuliantor Dear_2010.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang potensi pemanfaatan Automatic Packet Radio System (APRS) sebagai salah satu media penyebarluasan informasi kondisi cuaca antariksa. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa sistem APRS telah dimanfaatkan oleh para pengguna komunikasi radio, yang juga merupakan salah satu pengguna informasi kondisi cuaca antariksa. Hasil pengamatan yang dilakukan, menunjukkan nilai rata-rata jumlah stasiun yang terpantau di wilayah Bandung Jakarta mencapai 23 stasiun perhari dengan tingkat kemahiran operator didominasi oleh tingkat Pembina yang memiliki potensi sebagai pengguna komunikasi radio pada pita High Frequency (HF). Selain informasi utama berupa lokasi stasiun berdasarkan koordinat geografis Bumi, diperoleh juga informasi umum lainnya yang digunakan dalam sistem ini. Informasi tersebut berupa informasi yang terkait dengan kondisi alam seperti lokasi gempa Bumi dan suhu di sekitar lokasi stasiun pemberi informasi. Maka berdasarkan kedua hal tersebut, sistem APRS memiliki potensi yang cukup baik untuk dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran informasi kondisi cuaca antariksa.

Item Type: Article
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Pembinaan dan Bimbingan Bidang Litbangyasa dan Pemanfaatan > Sains Antariksa
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Peringatan Dini, Mitigasi, dan Penanganan Bencana
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:00
Last Modified: 06 Jul 2023 03:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item
View Item