Pengembangan media smart exploding box berbasis deep dialogue critical thinking untuk menghadapi era revolusi industri 4.0

Feri, Tirtoni and Fidaus, Su’udiyah and Joko, Susilo (2019) Pengembangan media smart exploding box berbasis deep dialogue critical thinking untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 15. pp. 191-204. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Feri Tirtoni_Universitas Muhammadiyah Situbondo_2019-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Feri Tirtoni_Universitas Muhammadiyah Situbondo_2019-15.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kevalidan media smart exploding box berbasis deep dialogue critical thinking beserta perangkatnya (silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar PKn berbasis deep dialogue critical thinking, dan tes hasil belajar (THB)); (2) Mengukur tingkat aktivitas siswa melalui penggunaan media tersebut; (3) Mengukur kemampuan berfikir kritis siswa setelah penggunaan media tersebut, dan (4) mengukur respon minat siswa setelah penggunaan media tersebut. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp (dalam Khabibah, 2006) yang terdiri dari: (1) Investigasi awal, (2) Desain, (3) Realisasi/konstruksi, (4) Pengujian, Evaluasi, dan Revisi, (5) Implementasi. Dari hasil dan pembahasan pada bagian di atas, disimpulkan bahwa, media dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini termasuk dalam kategori valid, dimana hasil kevalidan ahli media mendapatkan skor 25 (baik) dan ahli materi mendapatkan skor 24 (baik). Berdasarkan hasil uji coba pada pertemuan ke-1 dan ke-2 yang telah dilaksanakan pada penelitian ini ditemukan sebuah data baru bahwa penggunaan media ini pada mata pelajaran PKn pada kelas V SDN Ketajen I Sidoarjo menunjukkan bahwa hasil rerata persentase capaian aktivitas siswa satu kelas (7 aspek amatan selama 2 pertemuan) sangat tinggi, yaitu sejumlah 84%. Kemudian data hasil TKBK sebesar 81,15 (tuntas). Selain itu, media ini juga mendapatkan respon minat siswa yang baik, yaitu pada pertemuan terakhir (ke-2) mendapatkan skor attention (perhatian) sebesar 17,5 (sangat baik), convidence (keyakinan) sebesar 11,0 (baik), satisfaction (kepuasan) sebesar 7,0 (cukup), dan relevance (keterkaitan) sebesar 8 (cukup).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Smart exploding box, Dialogue and critical thinking, Aktivitas, Kemampuan berfikir kritis, Minat
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:51
Last Modified: 21 Jun 2023 07:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item
View Item